Langkah – Langkah Memperbaiki Kulkas Sendiri

Kendala yang sering muncul pada kulkas biasanya terjadi kulkas tidak dingin, hal ini menyebabkan es tidak bisa membatu (beku sempurna) dan makanan di dalamnya lebih cepat busuk. Masalah ini harus segera di atasi karena selain membuat lebih boros listrik tapi juga boros pengeluaran bahan makanan, semua berujung ke anggaran belanja.

Hal yang paling parah saat terjadi masalah kulkas tidak dingin adalah komponen elektronik dalam kulkas akan berusaha keras (ngoyo) untuk membuat suhu dalam menjadi dingin. Lama kelamaan akan aus dan terjadi kerusakan.

Kulkas memiliki 2 komponen dasar yaitu sebuah kumparan kondensor dan kumparan evaporator. Sebuah cairan yang dinamakan cairan refrigran disirkulasik kumparan kondensor dan kumparan evaporator. Sebuah cairan yang dinamakan cairan refrigran disirkulasikan melalui kumparan ini dengan disuan melalui kuman ini dengan disuplay oleh kompresor . Refrigeran cair yang panas didinginkan dalam kondensor kemudian mengalir ke evaporator. Pada evaporator cairan refrigrant yang bertekanan tinggi kemudian diturunkan tekanannya sehingga cairan berubah menjadi gas sehingga refrigrant cair berubah menjadi gas, perubahan dari cair ke gas akan mengalami penurunan suhu atau menjadi dingin. Kemudian dari evaporator gas diteruskan lagi ke compresor secara terus menerus bersirkulasi.

Kebanyakan kulkas dan freezer bersytem frost-free atau tidak menggunakan pemanas untuk mencairkan gumpalan es(alias dibiarkan esnya mencair sendiri). Sedangkan jenis unit yang lain, menggunakan pemanas secara otomatis yang biasanya diaktifkan oleh timer untuk mencairkan es di dalam unit. Pada beberapa unit kulkas gumpalan es dilebur oleh pemanas , dimulai dengan daerah terdingin atau yang paling banyak gumpalan es. Ketika es sudah benar-benar meleleh, termostat secara otomatis beralih ke siklus pendinginan untuk mempertahankan suhu beku standar. Karena proses yang otomatis. Maka tidak membiarkan es menggumpal di dalam kotak pendingin atau kulkas.

Perhatian: Sebelum melakukan pekerjaan apapun pada lemari es atau freezer, pastikan tidak terhubung dengan listrik atau colokannya dicabut. Setelah memastikan sudah tidak terhubung dengan listrik, periksa apakah kompresor memiliki kapasitor; komponen ini biasanya terletak di samping compresor. Kapasitor menyimpan listrik, bahkan ketika power dimatikan. Sebelum Anda melakukan pekerjaan, Anda harus pengosongan kapasitor, atau Anda bisa kesetrum.

Langkah – Langkah Memperbaiki Kulkas Sendiri

1. Pengosongan Capacitor
Berikut cara pengosongan Capacitor : Cabut colokan dari stop kontak pastikan tidak terhubung dengan sumber listrik, Lalu cari atau lihat letak posisi capasitor yang biasanya terletak di samping compressor, Cabut capasitor (Capasitor ada yang dua pin dan ada tiga pin). Untuk Mengosongkan listrik dalam kapasitor hubungkan pin capasitor ke pin capasitor lainya.

Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari sengatan listrik dikarenakan pada capasitor mempunyai sifat menyimpan listrik.

2. Pengecekan Kabel
Komponen kontrol lemari es biasanya terletak di bagian atas unit. Sedangkan Motor, kompresor, kondensor koil, dan kipas kondensor yang terletak di bagian bawah. Untuk mengecek komponen di bagian atas unit, lepaskan sekrup penahan atau cungkil klip yang memegang plastik atau logam panel atas bagian. Pengencang ini biasanya disembunyikan. Jika kabel tampak gosong segera cek kabel satu persatu. siapkan alat Multitester atau biasa disebut AVO meter.

3. Pengecekan Pintu
jika kita menemukan compresor terus bekerja namun kenyataannya makanan atau minuman yang kita simpan dinginya kurang maksimal, bisa disebabkan oleh pintu yang mengalami masalah. hal ini bisa disebabkan oleh seringnya kita membuka pintu kulkas tampa menutupnya dengan rapat. atau juga dikarenakan pintu ada masalah sehingga udara luar bisa masuk yang meyebabkan kulkas atau freszer kurang bekerja makasimal. berikut tips merawat pintu kulkas.

Gasket Pintu
Berfungsi sebagai pengunci udara. untuk mengecek gasket pintu masi bagus gunakan lembaran kertas atua lebi bagus uang kertas.tempatkan lembaran uang kertas antara gasket dan kusen pintu. tarik pintu secara perlahan jika pintu terasa berat saat ditarik menandakan gasket masi bagus. namun jika uang kertas yang kita taro tadi lansung lepas atau jatuh berarti gasket suda tidak bagus lagi. untuk memastikannya coba dibeberapa tempat pada pintu kulkas.

Berikut trik mengganti gasket yang baru :

* Ganti gasket sesuai model atau sesuai selerah.untuk memastikan model gasket sama potong gasket sebagai sampel contoh. tambal potongan tadi dengan menggunakan semen karet silicon.
* Jika gasket baru suda ada, taro didlam kulkas selama 24 jam atau rendam di air untuk melenturkan gasket karena biasanya gasket yang baru agak keras dan susa dipasang.
* Cabut gasket yang lama. biasanya mengunakan sekrup atua hanya di tempel cunkil dengan obeng minus cungkil dengan hati-hati karena biasanya gasket di lem sehingga karet gasket menempel pada pintu.
* Bersikan area pemasangan gasket pakai deterjen atau pembersi lainya pastikan benar-benar bersi.
* Pasang gasket yang baru dimulai dari atas kebawa pastikan tidak ada benjolan dan merata.

Engsel pintu kulkas atau freezer
Engsel pintu bisa menyebabakan pintu bergeser atau tidak rapat. ini juga bisa menyebabkan hawa luar bisa masuk. periksa pintu apaka bergeser atau tidak rapat. kencangkan engsel dengan obeng jika kendor atau lebih baik ganti engsel yang baru jika perlu.

4. Pemeriksaan komponen utama pada kulkas
beberapa komponen pada kulkas mudah diganti untuk servis sendiri.namun beberapa juga komponene butuh pelayanan servis yang profesional atau tukang servis.disini akan kita bahas cara memeriksa komponen sendiri pada kulkas atau freezer.

Thermostat defrost
jika kita mendapatkan es menggupal pada kulkas segara periksa thermostatnya apakah masi berfungsi atau tidak.namun disarankan untuk memanggil teknisi yang profesional.

Evaporator Fan
periksa kipas apaka berjalan normal. biasanya kipas di tandai dengan bunyi yang tidak seperti biasanya atau putaran tidak kencang atau lemah. evapurator fan berada pada unit pendingin atau dalam lemari kulkas.

Defrost Timer
defrost timer atau pengatur waktu defrost. periksa apaka pada waktu defrost bongkahan es masi ada namun defrost sudah berhenti.

Defrost Heater
perhatikan pada saat defrost apaka es benar-benar cair dengan sempurna. jika es tidak cair pada saat defrost periksa defrost heater.

Condensor Fan
condensor fan terletak biasanya di belakang atau terletak dibawa unit kulkas.

Itulah informasi tentang Langkah – Langkah Memperbaiki Kulkas Sendiri  yang dapat saya share ke kalian. Semoga Bermanfaat ^_^ Sebelum anda memanggil tukang service kulkas tidak ada salahnya anda bisa mencoba memperbaikinya.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori, tutorial kulkas dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *